Tambah Kartu Kredit Malah Bisa Lebih Ngirit, Masak Sih?


Kartu kredit itu banyak jebakannya. Makin banyak kartu kredit, lubang jebakan makin gede.

Itu kata orang yang belum ngerti betapa bermanfaatnya kartu sakti tersebut. tentunya kita ngga termasuk di dalamnya kan?

Kartu kredit diciptakan sebagai alat pembayaran yang simpel dan fleksibel. Bahkan lebih dari itu, kartu kredit bisa kita pakai untuk mengatur keuangan agar irit.

Artinya, makin banyak kartu kredit, makin banak juga yang bisa diirit. Itu kalau tahu caranya.

Berikut ini trik tambahan kartu kredit, tapi malah bisa lebih ngirit.

Pilih Yang Beda Keunggulannya

Punya 5 kartu kredit kalau manfaatnya sama ya sama saja. Mungkin malah banyak yang nganggur.

Sebaiknya pilih kartu kredit berdasarkan keunggulan khususnya. Misalnya kartu kredit A buat kebutuhan umum. Kartu kredit B buat travel. Kartu kredit C buat belanja.

Meski 1 kartu kredit bisa juga menawarkan beberapa manfaat sekaligus, akan lebih maksimal jikka kartu yang dimiliki punya fungsi khusus. Contohnya, Kartu kredit Mega memberikan diskon 10 persen tiap belanja di Carrefour. Atau kartu Mandiri Hypermart, Permata Hero, dan sejenisnya.

Sedangkan saat mau nonton bioskop, pakai kartu kredit BCA. Nah, pas hendak traveling, keluarkan kartu BNI Garuda. Intinya, cocokkan kartu kredit sesuai dengan kebutuhan. Sebab, masing-masing kartu punya keunggulan tersendiri.

Bujet tetap kudu diatur

Makin banyak kartu kredit, tanggung jawab pun bertambah. Bujet mutlak diperhatikan dengan lebih saksama.

Angka yang sering direkomendasikan perencana keuangan adalah maksimal cicilan per bulan 30 persen dari penghasilan. Bila penghasilan Rp 10 juta, berarti maksimal tagihan kartu kredit Rp 3 juta.

Itu bila gak ada tanggungan cicilan lainnya, misalnya kendaraan atau rumah. Jika total cicilan lebih dari 30 persen, bisa dikatakan keuangan gak sehat.

Tinggal dicocokkan saja dengan pemakaian kartu kredit sesuai fungsinya. Set limit tersendiri untuk tiap-tiap kartu. Misalnya dari bank menetapkan limit Rp 5 juta, patok Rp 1 juta saja biar aman.

Buktikan kalau kita paham

Yakin udah paham manfaat kartu kredit? Kalau iya, bakal lebih gampang usaha buat ngirit. Setiap kartu kredit umumnya memberikan point rewards dan cashback atau diskon.

Kalau paham, pasti sering mendapatkan manfaat itu dong. Fitur itu bakal bikin kita untung lebih maksimal ketika menggunakan kartu kredit untuk transaksi keuangan.

Caranya, usahakan cari merchant yang bekerja sama dengan bank penerbit kartu saat akan membeli produk atau jasa tertentu. Kerja sama itu bakal memberikan manfaat buat keuangan kita.

Waspadai bahayanya

Meski mengandung banyak manfaat, kartu kredit lebih dari satu juga bisa membahayakan. Terutama buat yang susah mengatur keuangan.

Kalau kalian tergolong oke-oke saja dalam pengaturan keuangan, bisa dibilang lebih aman. Bahaya punya banyak kartu kredit, antara lain:

1. Keinginan asal gesek kartu

– Sekali lagi harus ditekankan, kartu kredit itu bukan kartu utang, melainkan alat pembayaran. Meski gak keluar duit ketika transaksi, kita tetap harus bayar produk/jasa yang kita beli di kemudian hari.

2. Lupa bayar tagihan

– Punya smartphone, kan? Nah, atur deh di bagian alarm atau unduh aplikasi khusus untuk mengingatkan jatuh tempo tagihan kartu kredit. Sebaiknya, saat tagihan datang via e-mail maupun surat pos, langsung bayar pada hari itu juga. Menunda-nunda bisa-bisa malah lupa.

3. Kartu hilang

– Karena saking banyaknya, bisa saja ada kartu yang jatuh atau terselip dan gak ketahuan dalam jangka waktu lama. Sebaiknya simpan kartu dalam dompet khusus, dan selalu cek tiap hari kelengkapannya. Saat tahu hilang, segera telepon bank penerbit kartu untuk minta pemblokiran.

Itulah beberapa poin yang bisa jadi pertimbangan untuk memiliki kartu kredit lebih dari 1. Tambah kartu kredit adalah salah satu cara mengirit pengeluaran.

Tapi, jika tanpa pemahaman menyeluruh, jangankan banyak kartu, 1 kartu pun bisa jadi berbahaya. Tentunya kita tidak termasuk di dalamnya, dong.

Tak perlu ragu jika hendak tambah kartu kredit. Toh, sekarang gak perlu langsung datang ke bank untuk apply.

Menukarkan point rewards kartu kredit dengan Rupiah.
Point rewards adalah point hadiah yang diberikan kepada pengguna kartu kredit sesuai dengan nilai transaksi yang dibayar dengan kartu kredit tersebut. Setiap kartu kredit memiliki ketentuan perhitungan rewards point yang berbeda-beda. Selain bisa ditukarkan dengan berbagai tawaran dari bank Anda juga bisa menukarkan point rewards kartu kredit Anda menjadi Rupiah, harga perpointnya berbeda tergantung masing-masing bank.

Untuk bantuan dan informasi penukaran point reward kartu kredit Anda menjadi Rupiah silahkan hubungi :
0811-757-369 / WA
Office : 021-6458659
Website : www.pointchanger.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penukaran Point Reward Kartu Kredit PANIN

Penukaran Point Reward Kartu Kredit Standard Chartered Bank

Penukaran Point Reward Kartu Kredit CIMB NIAGA