Tips Penggunaan Cara Aman Kartu Kredit


Memiliki kartu kredit terbaik menjaminkan kenyamanan karena Anda bisa melakukan pembayaran dengan meminjam uang dari bank. Tapi penggunaannya tetap harus aman. Berikut 20 tips aman untuk kartu kredit yang akan menghindarkan Anda dari beragam masalah di kemudian hari.

Tips Aman Saat Menerima Kartu Kredit
- Pastikan cara aman kartu kredit Anda di terima adalah dalam amplop tertutup yang dikirim oleh bank bank atau penerbit kartu kredit.
- Segera tandatangani kartu kredit yang baru Anda terima.
- Lebih baik kalau di bagian depan kartu kredit ada foto Anda. Akan lebih mudah terdeteksi kalau orang lain menggunakannya.
- kalau sudah memperoleh PIN, segera ganti PIN tersebut dengan kombinasi angka yang mudah diinga. Tapi ingat, hindari penggunaan tanggal lahir Anda sebagai PIN.

Tips Aman Saat Melakukan Transaksi dengan Kartu Kredit
- Kartu kredit diterbitkan atas nama Anda. Hanya Anda yang boleh menggunakannya. Jangan biarkan orang lain, termasuk keluarga dan orang-orang terdekat sekalipun, menggunakannya.
- Jangan beritahukan PIN Anda kepada orang lain. PIN bisa digunakan untuk mengambil uang tunai di ATM.
- Jangan beberkan informasi pribadi seputar kartu kredit Anda pada pihak-pihak yang tidak berkepentingan, misalnya  nama gadis Ibu kandung Anda, masa berlaku kartu kredit, 3 digit di bagian belakang kartu dan limit kartu.
- Simpan kartu kredit di tempat yang aman.
- Pastikan staf merchant dimana Anda melakukan transaksi langsung membawa kartu kredit Anda ke kasir bukan ke tempat lain.
- Sebelum menandatangani sales draft, pastikan jika jumlah transaksi yang tercetak di sales draft sesuai dengan jumlah transaksi sebenarnya. Ini untuk menghindari keharusan membayar tagihan yang tidak semestinya.
- Pastikan petugas kasir menggesek kartu kredit Anda hanya satu kali untuk tiap transaksi. ini untuk menghindari terjadinya dua kali penagihan dalam jumlah transaksi sama pada waktu dan tempat yang sama.
- Pastikan staft merchant mengenbalikan kartu kredit Anda sesuai transaksi.
- Simpa kembali kartu kredit Anda di tempat aman. Simpan pula draft transaksi untuk dicocokan dengan tagihan yang Anda terima pada akhir siklus.
- Saat bertransaksi online, pastikan situs atau orang yang bertransaksi dengan Anda memang terpercaya dan aman.
- Kalau memperoleh penawaran dari merchant lewat telepon, surat, maupun internet, pastikan Anda mengetahui sepenuhnya produk dan jasa yang di tawarkan, dan sepakat dengan penawaran tersebut, sebelum Anda memberikan 16 digit nomor kartu kredit.

Tips Aman Saat Menerima Tagihan Karu Kredit
- Cocokan jumlah yang ditagihkan bank dengan jumlah transaksi yang Anda lakukan sebelumnya, termasuk-kalau ada tagihan atas penggunaan kartu suplemen.
- Kalau ada tagihan yang tidak sesuai, segera laporkan ke penerbit kartu kredit Anda. Jangan tunda-tunda langkah ini karena bank dan penerbit kartu kredit tidak akan melayani pengaduan selewat 45 hari sejak tanggal tagihan.
- Kalau setelah 45 hari sejak tanggal tagihan ternyata tidak ada pengaduan dari Anda penerbit kartu kredit akan menganggap tagihan Anda telah sesuai, dan Anda wajib membayarya.
- Lunasi tagihan kartu kredit sebelum tanggal jatuh tempo, biasanya tertera dilembar tagihan dengan pilihan jumlah pembayaran yang sesuai.

Jangan Panik pada saat kartu kredit hilang atau dicuri
kalau kartu kredit Anda hilang atau dicuri, laporkan pada bank atau penerbit kartu kredit. Anda harus segera melakukannya untuk mencegah pencurian identitas atau keharusan membayar tidak semestinya. Beberapa bank biasanya memberikan jaminan perlindungan untuk transaksi tidak sah, yang tidak mengharuskan Anda membayar tagihannya, asalkan pelaporan kartu yang hilang itu tepat waktu.

Menukarkan point rewards kartu kredit Anda dengan Rupiah
Point rewards adalah point hadiah yang diberikan kepada pengguna kartu kredit sesuai dengan nilai transaksi yang dibayar dengan kartu kredit tersebut. Setiap kartu kredit memiliki ketentuan perhitungan rewards point yang berbeda-beda. Selain bisa ditukarkan dengan berbagai tawaran dari bank Anda juga bisa menukarkan point rewards kartu kredit Anda menjadi Rupiah, harga perpointnya berbeda tergantung masing-masing bank.

Untuk bantuan dan informasi penukaran point reward kartu kredit Anda menjadi Rupiah silahkan hubungi :
0811-757-369 / WA
Office : 021-6458659
Website : www.pointchanger.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penukaran Point Reward Kartu Kredit PANIN

Penukaran Point Reward Kartu Kredit Standard Chartered Bank

Penukaran Point Reward Kartu Kredit CIMB NIAGA