Hindari kesalahan ini dalam menggunakan kartu kredit


      Karena mudahnya penggunaan, Sering tidak kita sadari akan kesalahan yang mungkin saja terjadi. Jika sampai keliru dalam memanfaatkan penggunaan kartu kredit, tentu si pemegang kartu sendirilah yang akan rugi.

Berikut ini adala,h point-point kesalahan yang sering dilakukan pada pemegang kartu kredit :

Hanya membayar tagihan minimal
Karena terlalu senangnya memiliki kartu kredit, pemegang kartu terlena dan menggunakan kartu kreditnya dengan 'kalap'. Dia lupa bahwa di akhir bulan akan ada tagihan yang datang dari bank, meminta untuk segera dilunasi. Pelunasan tagihan kartu kredit, ada 2 tipe, yakni full payment dan minimum payment. Full payment adalah pembayaran tagihan secara penuh, sementara minimum payment adalah pembayaran tagihan hanya nominal minimumnya saja. Nah karena merasa terlalu berat dengan full payment, si pemegang kartu kemudian memilih sistem pembayaran tagihan dengan minimum payment. Memang sah-sah saja karena diperbolehkan oleh bank, akan tetapi imbasnya adalah tetap dikenakannya bunga pada tagihan Anda secara penuh. Nah, tagihan Anda akan beranak pinak dan membesar semakin besar hingga membebani Anda. So, selalu bayar tagihan secara penuh ya.

Terlambat membayar tagihan
Satu hal lagi yang tidak boleh Anda lewatkan, yaitu melewatkan waktu pembayaran tagihan kartu kredit Anda. Umumnya tagihan kartu kredit yang datang kepada Anda setiap bulannya dalam bentuk catatan transaksi beserta nominalnya yang disebut dengan billing statement. Segera setelah menerima billing statement Anda, perhatikan tanggal jatuh tempo pembayaran tagihan kartu kredit. Jika Anda membayar tagihan melebihi batas waktu, Anda akan dikenai bunga.

Digunakan sebagai debit card
Menggunakan kartu kredit layaknya kartu debit juga tidak bijaksana. Ini dikarenakan setiap penarikan tunai di ATM menggunakan kartu kredit akan dikenai bunga yang cukup tinggi sekitar 3% ke atas.

Terlalu banyak tergiur cicilan 0% dan diskon
Memang tidak salah jika ingin memanfaatkan cicilan 0% atau berbagai diskon yang sering tersedia berkat kerjasama vendor kartu kredit dan ribuan merchant di seluruh dunia. Tapi, ingat ya, jangan sampai lupa diri, cicilan 0% sebisa mungkin tidak boleh sampai membebani Anda.
Memang, Anda dapat mencicil pembayaran atas pembelian item dengan lebih ringan karena adanya cicilan 0%, tetapi jika Anda terlalu banyak membeli item dengan sistem cicilan 0% tentunya ini akan menjadi akumulasi dan akhirnya akan membebani pembayaran tagihan Anda setiap bulan.

Tidak memanfatkan point rewards
Point rewards adalah point hadiah yang diberikan kepada pengguna kartu kredit sesuai dengan nilai transaksi yang dibayar dengan kartu kredit tersebut. Setiap kartu kredit memiliki ketentuan perhitungan reward point yang berbeda-beda. Selain bisa di tukarkan dengan berbagai macam tawaran dari bank, Anda juga bisa menukarkan point reward kartu kredit Anda menjadi Rupiah, harga perpointnya berbeda tergantung masing-masing bank.

Untuk bantuan dan informasi penukaran point reward kartu kredit Anda menjadi Rupiah Silahkan hubungi :
 0811-757-369 (WA)
Office : 021-6458659
Website : www.pointchanger.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penukaran Point Reward Kartu Kredit PANIN

Penukaran Point Reward Kartu Kredit Standard Chartered Bank

Penukaran Point Reward Kartu Kredit CIMB NIAGA